Media

Kembali Ke Media

Indeks Keyakinan Konsumen Anjlok Pasca-Lebaran, Pengusaha Masih Optimistis

Indeks Keyakinan Konsumen Anjlok Pasca-Lebaran, Pengusaha Masih Optimistis

 

Kalangan pengusaha meyakini Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang melemah pada Mei 2024, masih menyimpan geliat ekonomi seiring masih pada level optimistis. 

 

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Shinta Widjaja Kamdani memandang penurunan IKK pasca-lebaran merupakan hal yang wajar. Dia merujuk pada historis data IKK dari tahun-tahun sebelumnya yang melandai usai lebaran. 

 

"Justru dalam pandangan kami penurunan IKK pada Mei 2024 masih sangat suportif terhadap penciptaan pertumbuhan ekonomi yang ditargetkan pemerintah 5%, karena penurunannya cukup landai," ujar Shinta saat dihubungi, Senin (10/6/2024). 

 

Menurutnya, secara keseluruhan, level indeks hasil survei Bank Indonesia masih sangat solid di tingkat ekspansif. Namun, dia mengakui adanya kekhawatiran terhadap indeks ekspektasi penghasilan masyarakat yang turun dibandingkan pada di bulan Ramadan dan lebaran yang terdongkrak imbas adanya Tunjangan Hari Raya (THR).

Di sisi lain, tingginya suku bunga kredit yang tinggi saat ini, kata Shinta, juga telah menggerus konsumsi durable goods di masyarakat. "Karena itu, kami perlu terus monitor apakah bisa diartikan bahwa penurunan indeks ini sebagai penurunan daya beli masyarakat yang signifikan dan mengganggu potensi ekspansi usaha?," tuturnya.
 

Konsistensi kebijakan pemerintah yang mendukung kepastian berusaha dianggap menjadi penentu ekspansi usaha di sektor riil di tengah masa transisi pemerintahan saat ini. Dengan kebijakan yang berpihak kepada iklim usaha dan investasi, kata Shinta, kinerja sektor riil akan terus tumbuh positif berkontribusi terhadap peningkatan lapangan kerja, penghasilan, dan daya beli masyarakat.
 

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) mencatat bahwa optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi turun pascaLebaran atau Hari Raya IdulFitri 2024.  

 

Asisten Gubernur sekaligus Kepala Departemen Komunikasi BI menyampaikan bahwa kondisi tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Mei 2024 sebesar 125,2 dan berada dalam level optimis (>100). IKK pada Mei 2024 tersebut mengalami penurunan jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang mencapai 127,7. Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) Mei 2024 tercatat masing-masing sebesar 115,4 dan 135,0 meski turun dari masing-masing sebesar 119,4 dan 136,0. 

 

Sementara itu, Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja dan Indeks Pembelian Barang Tahan Lama (Durable Goods) tetap terjaga pada area optimis, masing-masing sebesar 113,6 dan 112,7. Lebih lanjut, IEK terutama ditopang oleh ekspektasi penghasilan sebesar 139,0, sementara ekspektasi terhadap ketersediaan lapangan kerja dan kegiatan usaha juga tercatat berada dalam zona optimis masing-masing sebesar 134,5 dan 131,6.
 

Sumber : https://ekonomi.bisnis.com/read/20240610/12/1772845/indeks-keyakinan-konsumen-anjlok-pasca-lebaran-pengusaha-masih-optimistis

 

Copied.

Berita Lainnya

No Tanggal Publikasi Topik
Daftar Berita
1 Selasa, 09 Juli 2024 Gelar MSIB, SKK Migas Wilayah Sumbagut Bersama Apindo Riau Tandatangani Kesepakatan Kerjasama
2 Kamis, 30 Mei 2024 4 Alasan Apindo Banten Minta Pemerintah Pertimbangkan Tapera, Bukan Hanya Bebani Usaha dan Pekerja
3 Senin, 27 April 2020 STANDPOINT APINDO TERKAIT PENUNDAAN PEMBAHASAN KLUSTER KETENAGAKERJAAN DALAM RUU CIPTA KERJA
arrow top icon