Media

Kembali ke Berita

BI Pertahankan Suku Bunga Acuan, Apindo: Ekonomi Lebih Kondusif

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Widjaja Kamdani mendukung keputusan Bank Indonesia yang mempertahankan Suku Bunga Acuan atau BI Rate di level 6%. 

 

Menurutnya, langkah tersebut membuat ekonomi Indonesia tetap kondusif di tengah masa transisi atau peralihan pemerintahan dan ketidakpastian global. 

 

"Kami mendukung keputusan BI tersebut karena ini prudent atau bijaksana dan kondusif terhadap pertumbuhan ekonomi," ungkap Shinta kepada Media Indonesia, Rabu (16/10). 

 

Keputusan BI tersebut juga dianggap sebagai hal yang realistis melihat tekanan eksternal yang meningkat, khususnya terkait eskalasi konflik geopolitik di Timur Tengah. Serta, rupiah yang mengalami pelemahan terhadap dollar Amerika Serikat (AS) karena proyeksi terhadap kinerja pasar AS yang lebih positif. 

 

"Belum lagi dalam minggu-minggu ini secara domestik kita akan melakukan transisi kepemimpinan yang bisa menciptakan volatilitas dan spekulasi pasar yang berlebihan," terang Shinta. 

 

Ke depan, Shinta melihat ada ruang bagi BI untuk menurunkan BI Rate pada akhir tahun seiring proyeksi penurunan Suku Bunga AS atau fed fund rate (FFR) dua kali di tahun ini. 

 

"Kami meyakini BI akan terus berupaya untuk menurunkan suku bunga hingga akhir tahun bila risiko-risiko yang dihadapi dari sisi moneter juga lebih rendah," pungkasnya. 

 

 

Sumber : https://mediaindonesia.com/ekonomi/709582/bi-pertahankan-suku-bunga-acuan-apindo-ekonomi-lebih-kondusif

Copied.

Berita Lainnya

No Tanggal Terbit Judul Berita
Daftar Berita
1 Selasa, 30 Agustus 2022 KILAS BALIK PERJALANAN ORGANISASI PENGUSAHA TERTUA DI INDONESIA, APINDO LUNCURKAN BUKU 70 TAHUN APINDO “BAKTI UNTUK NEGERI"
2 Rabu, 17 Juli 2024 Penegasan APINDO Sulut soal Aturan Pemberlakuan KRIS BPJS Kesehatan, Minta Pemerintah Mengkaji Kembali Sebelum Resmi Ditetapkan
3 Jumat, 13 Maret 2020 KEMENTERIAN PERDAGANGAN GELAR PERINGATAN HARI KONSUMEN NASIONAL (HARKONAS) 2020
arrow top icon