Apindo Regional

Kembali ke Berita

KSPSI SINERGI DENGAN APINDO

KSPSI SINERGI DENGAN APINDO

APINDOKALTIM.COM - Upaya DPP Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kaltim membangun hubungan industrial yang harmonis dengan banyak pihak, mendapat apresiasi positif dari Dewan Pimpinan Cabang Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (DPC KSPSI) Kota Balikpapan.

 

"Kami mendukung langkah positif Apindo yang terus berkiprah dan berkontribusi positif dalam pembangunan di Kaltim khususnya Balikpapan, utamanya di sektor ketenagakerjaan," kata Ketua DPC KSPSI Kota Balikpapan, Alfian Azahari, SH di kantornya, Rabu (29 Juli 2020).

 

Alfian yang juga Direktur Lembaga Bantuan Hukum Warga Jaya Indonesia (LBH WJI) Provinsi Kaltim ini mengungkapkan, kiprah Apindo Kaltim yang dipimpin Ketua M. Slamet Brotosiswoyo hingga periode ketiga ini, layak diacungi jempol. 

 

Pertimbangannya, selama ini hubungan industrial baik itu di kelembagaan tripartit maupun tripartit di Kaltim khususnya Balikpapan, berjalan baik. Sehingga, nyaris tanpa konflik dan itu sangat berpengaruh positif bagi kondusif wilayah di daerah ini. 

 

"Kaltim dan Balikpapan hingga saat ini masih jadi primadona investasi di Indonesia. Salah satu kuncinya ialah kondusifnya hubungan industrial. Tidak salah, kalau Kaltim akhirnya ditunjuk sebagai ibukota Negara (IKN)," ujarnya.

 

Meski begitu, organisasi serikat pekerja khususnya KSPSI, tegas Alfian, sangat berharap dukungan kuat dari Apindo, agar keberadaan serikat pekerja di perusahaan-perusahaan, tidak dipandang sebagai "momok" yang mengkhawatirkan kalangan pengusaha. 

 

"Justru, kehadiran serikat pekerja akan sangat membantu pengusaha, khususnya menjadi jembatan komunikasi, dalam meningkatkan produktifitas pekerja dan kinerja perusahaan. Selain itu, serikat pekerja juga dapat jadi deteksi dini-jika ada persoalan di kalangan pekerja-sehingga segera dicarikan solusi terbaik-agar tidak memicu konflik yang lebih luas di perusahaan," paparnya.

 


 

Copied.
arrow top icon