Media

Back to All News

APINDO Dukung Praktik Bisnis Berkelanjutan

APINDO Dukung Praktik Bisnis Berkelanjutan

APINDO Bidang Investasi bekerjasama dengan Bursa Efek Indonesia (IDX) menggelar Sustainability Seminar: Paving the Path to a Sustainable Future, Kamis (8/8/2024) di Bursa Efek Indonesia (IDX). Hadir dalam acara tersebut sejumlah Pengurus Bidang Investasi APINDO.

 

Ketua Bidang Investasi APINDO Pandu Sjahrir dalam keynote speechnya mengatakan, APINDO dan IDX telah berperan penting dalam mempromosikan praktik berkelanjutan. Dengan menetapkan standar dan mendorong transparansi, mereka membantu menciptakan lingkungan bisnis yang lebih bertanggung jawab dan berkelanjutan.

 

Menurut Pandu, terdapat strategi penting yang perlu diupayakan dalam rangka mewujudkan masa depan berkelanjutan. Strategi tersebut dilakukan dengan melakukan transisi energi, peningkatan talenta, dan kolaborasi privat serta publik.

 

Dalam sambutan penutupnya, Ketua Umum APINDO Shinta W. Kamdani mengungkapkan Berdasarkan Southeast Asia’s Green Economy 2024 Report, Indonesia merupakan negara penerima investasi hijau terbesar di Asia Tenggara pada 2023. Aliran investasi hijau ke Indonesia sepanjang 2023 mencapai hampir US$1,6 miliar, tumbuh sekitar 28% dibanding tahun sebelumnya. Untuk memanfaatkan peluang ini secara optimal, perusahaan-perusahaan di Indonesia perlu lebih serius dalam mengintegrasikan prinsip ESG.

 

APINDO sebagai representasi pelaku usaha dan sektor swasta, memegang peranan penting dalam upaya mendorong transformasi bisnis lestari untuk menjaga kelangsungan bisnis. Untuk dapat meningkatan peran tersebut, APINDO berupaya untuk meningkatkan kesadaran dan kapasitas anggotanya mengenai pentingnya praktik bisnis berkelanjutan dan kontribusinya dalam pencapaian SDGs. Selain itu kami juga turut berperan dalam memberdayakan pelaku UKM untuk dapat bertumbuh dengan menerapkan praktik bisnis yang sustainable.

 

Hal ini menjadi salah satu fokus dalam bidang Perdagangan Internasional dan Investasi APINDO. APINDO meyakini bahwa kebijakan perdagangan serta daya saing Indonesia perlu diselaraskan dengan perkembangan ekonomi hijau dan berkelanjutan di tingkat global, dan prioritas ini telah kami tuangkan dalam Roadmap Perekonomian APINDO 2024-2029.

Copied.

Berita Lainnya

No Tanggal Terbit Judul Berita
Daftar Berita
1 Wednesday, 29 May 2024 APINDO Jateng Sebut Tapera Beban Baru Buat Pengusaha
2 Monday, 26 August 2024 Collaboration between APINDO UMKM & DSC for the Growth and Progress of Indonesian UMKM!
3 Wednesday, 26 August 2020 GILIRAN STT MIGAS BERI DUKUNGAN LSP
arrow top icon