Media

Kembali ke Berita

UMP Jateng 2025, Apindo Minta Serikat Buruh dan Pemda Patuhi PP 51/2023

UMP Jateng 2025, Apindo Minta Serikat Buruh dan Pemda Patuhi PP 51/2023

SEMARANG – Apindo Training Center menggelar 10th Industrial Relations Conference dengan tema "Perluasan Peranan Strategis Hubungan Industrial Melalui Kolaborasi dan Inovasi".

 

Acara ini berlangsung di Ballroom Hotel MG Setos Semarang hingga 10 Oktober 2024.

 

Satu narasumber kunci, Ketua Umum DPN Apindo, Shinta Widjaja Kamdani hadir membawakan topik pengarusutamaan sertifikasi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Hubungan Industrial (HI) melalui kolaborasi antara Dunia Usaha dan Pemerintah.


Dalam era perubahan industri yang cepat, Shinta menekankan pentingnya kolaborasi antara sektor industri dan pendidikan. 

 

Tiga topik utama yang dibahas dalam konferensi ini meliputi perubahan dunia industri dan tantangan yang dihadapi, perlunya kolaborasi antara dunia industri dan pendidikan, serta peningkatan kualitas lulusan siap kerja melalui sertifikasi dan pengakuan dari dunia industri.

 

"Cara bekerja saat ini sudah berbeda dengan masa lalu dan akan terus berubah dengan aspek perubahan yang terjadi secara struktural, dimana muncul jenis-jenis pekerjaan baru, adanya tenaga kerja multigenerasi yang bekerja sama serta tipisnya batas struktur dan tempat untuk bekerja."

 

"Memang, kemampuan memecahkan masalah, sosial, proses, dan sistem adalah keterampilan yang paling akan dicari sebagai keterampilan inti di tempat kerja," kata Shinta dalam paparannya, Rabu (9/10/2024).

 

Shinta di sisi itu juga menyoroti bahwa penguatan kapasitas SDM harus berfokus pada pemahaman sistem, penghargaan terhadap proses kerja, dan kemampuan beradaptasi di lingkungan sosial.


Namun, kualitas pendidikan tinggi masih menjadi tantangan.


Masalah utama yang diidentifikasi meliputi rendahnya keterlibatan industri dalam pengembangan kurikulum, persyaratan ketat bagi dosen dalam melaksanakan tridarma perguruan tinggi, serta kurikulum yang kaku dan tidak fleksibel.

 

Dari sudut pandang dunia usaha, menurut Shinta, terdapat empat pandangan utama yang perlu diperhatikan yakni kerja sama antara pemerintah dan dunia usaha, integrasi kurikulum HR dan IR dalam pendidikan formal, peran organisasi HR dan asosiasi usaha, serta kolaborasi internasional.

 

Dengan mengedepankan sertifikasi HR dan IR, diharapkan dapat meningkatkan kualitas lulusan yang siap menghadapi tantangan industri, serta memperkuat keterkaitan antara pendidikan dan dunia kerja.

 

Konferensi ini dinilai menjadi ajang penting untuk merumuskan langkah-langkah strategis dalam memperkuat peran hubungan industrial melalui kolaborasi yang sinergis antara berbagai pihak.

 

Diharapkan, hasil dari konferensi ini dapat memberikan kontribusi signifikan bagi pengembangan SDM yang lebih kompetitif dan siap menghadapi era industri 4.0.

 

Selain menghadirkan narasumber Ketua Umum DPN Apindo, beberapa narasumber lain juga dijadwalkan mengisi acara ini antara lain Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang, PJ Gubernur Jawa Tengah Komjen Pol (Purn) Drs Nana Sudjana.

 

Ketua Dewan Pakar DPN APINDO Sofjan Wanandi, Sekretaris Menteri Koordinator Bid Perekonomian RI Susiwijono, serta narasumber dari kalangan akademisi, dunia usaha dan birokrat. 


Sumber: jateng.tribunnews.com

Copied.

Berita Lainnya

No Tanggal Terbit Judul Berita
Daftar Berita
1 Selasa, 06 Agustus 2024 COMPREHENSIVE HUMAN RESOURCES CERTIFICATION PROGRAM (CHRCP) OFFLINE
2 Jumat, 17 Januari 2020 MELALUI PROGRAM PMO, MENTERI TETEN MASDUKI YAKINI UMKM BAKAL NAIK KELAS
3 Rabu, 29 Mei 2024 Skema Iuran Beratkan Pekerja dan Pengusaha, Apindo Sumut Tegas Tolak Tapera
arrow top icon