Media

Kembali Ke Media

APINDO Jabar & UPI Kolaborasi Tingkatkan Keterserapan Lulusan di Dunia Usaha

APINDO Jabar & UPI Kolaborasi Tingkatkan Keterserapan Lulusan di Dunia Usaha

Bandung - Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Jawa Barat menjalin kemitraan lanjutan dengan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) guna memperkuat kolaborasi antara dunia usaha dan dunia pendidikan guna meningkatkan keterserapan lulusan.

 

Kesepakatan ini dihadiri oleh Rektor UPI, Prof. Dr. M. Solehuddin, M.Pd., M.A., beserta jajaran pimpinan UPI, serta hadir pula Ikatan Alumni UPI. Dari APINDO Jawa Barat, hadir 8 perusahaan anggota yang turut menjalin kemitraan, yaitu: Daya Group, PT. Mitsuba Automotive Parts Indonesia, PT. Sinar Daya Makmur, PT. Indonesia Chemi-Con, PT. Nagasakti Kurnia Textile Mills, PT. Perkasa Internusa Mandiri, PT. Garudafood Putra Putri Jaya, Tbk, dan PT. Stanli Trijaya Mandiri.

 

Ketua DPP APINDO Jawa Barat, Ning Wahyu Astutik menyambut baik kemitraan antara UPI dan perusahaanperusahaan anggota APINDO di Jawa Barat dalam menghadapi tantangan ketenagakerjaan di Jawa Barat dan bertujuan meningkatkan kualitas SDM serta keterserapan lulusan. 

 

"Ini sejalan dengan visi APINDO untuk mewujudkan iklim usaha yang kondusif, kompetitif, dan berkelanjutan untuk penciptaan lapangan kerja di mana SDM menjadi bagian penting dalam dunia usaha," kata Ning kepada wartawan di Bandung, Rabu (18/9/2024).

 

Ning menilai saat ini Jawa Barat menghadapi tantangan ketenagakerjaan dengan jumlah pengangguran tertinggi di Indonesia, mencapai 1,79 juta orang atau 24,9% dari pengangguran nasional. 

 

"Dari jumlah tersebut, lulusan SMK menyumbang 29,3%, sementara lulusan perguruan tinggi sebesar 13,6%. Kesenjangan antara supply dan demand tenaga kerja menjadi tantangan yang perlu diatasi bersama," ungkapnya.

 

Ketua DPP APINDO Jabar juga menyoroti tantangan terkait karakteristik Generasi Z, di mana data menunjukkan 65% pemberi kerja mempertimbangkan PHK untuk Gen Z, satu dari delapan Gen Z mengundurkan diri dalam seminggu pertama bekerja, dan 41% Gen Z serta milenial lebih memilih menganggur daripada bekerja di lingkungan yang tidak membuat mereka bahagia. 

 

"Sebanyak 59% Gen Z juga merasa mengalami gangguan kesehatan mental. Hal ini perlu diperhatikan dalam menyiapkan SDM berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha, khususnya di Jawa Barat," ungkapnya.

 

APINDO turut serta dalam meningkatkan kualitas SDM, baik melalui kolaborasi dengan perguruan tinggi maupun dengan mengadakan pelatihan di perusahaan-perusahaan. Terlebih lagi, dengan pengembangan kawasan REBANA, penting bagi Jawa Barat untuk menyiapkan SDM yang berkualitas guna mendukung pertumbuhan industri.

 

"Meski begitu, link and match masih menjadi tantangan besar. Hal ini terjadi karena perkembangan teknologi lebih cepat dibandingkan kurikulum, fasilitas pendidikan, maupun dari sisi kemampuan pengajar," tegasnya.

 

Meskipun menjadi tantangan jangan lantas menjadi concern terus-menerus yang justru menyebabkan para lulusan merasa khawatir berlebihan dan pesimis setiap kali ada lowongan tetapi tidak sesusi dengan jurusan kuliahnya. 

 

Link and match akan terus menjadi tantangan, sehingga yang harus kita lakukan adalah terus menerus menumbuhkan optimisme pada para lulusan dan pencari kerja serta mendorong mereka meningkatkan kapasitas dengan menambah pengetahuan dan keterampilan kekinian yang relevan dengan perkembangan dan kebutuhan zaman.

 

"Diharapkan penguatan kemitraan antara UPI dan APINDO Jawa Barat akan menciptakan ekosistem ketenagakerjaan yang lebih baik dan menghasilkan SDM berkualitas sehingga mendorong peningkatan keterserapan lulusan di dunia kerja," pungkasnya.

 

Sumber: wartaekonomi.co.id

Copied.

Berita Lainnya

No Tanggal Publikasi Topik
Daftar Berita
1 Minggu, 21 Juli 2024 Apindo Solo: Tak Jauh Beda, Industri Plastik di Solo Juga Merana Terdampak Produk Impor
2 Rabu, 20 November 2024 Apindo Riau Desak Pemerintah Batalkan dan Kaji Ulang Kenaikan Tarif PPN 12%
3 Kamis, 08 Agustus 2024 APINDO Dukung Praktik Bisnis Berkelanjutan
arrow top icon