Nilai Strategis dan Komoditi Unggulan Provinsi Maluku Potensial Bagi Pengembangan Iklim Investasi dan Peningkatan Daya Saing Daerah

Sebagai daerah yang memiliki beragam kekayaan alam, Maluku menjadi kawasan yang potensial untuk mengembangkan investasi. Kepala Bappeda Provinsi Maluku, Ilham Tauda, memaparkan Maluku memiliki nilai strategis  dan potensi unggulan yang bisa dikembangkan dalam pengembangan investasi. Nilai strategis tersebut bisa dilihat dari posisi geostrategis, kebaharian, dan wilayah perbatasan negara.

"Selain itu, potensi unggulan Maluku meliputi sektor Perikanan, Perkebunan, Pariwisata, Energi dan Sumber Daya Mineral. Di sektor pertanian, Maluku memiliki komoditi unggulan berupa Pala, Cengkeh, dan Kelapa. Dalam sektor perikanan, daerah ini memiliki komoditi unggulan berupa rumput laut dan kerapu yang dibudidayakan, sementara untuk perikanan tangkap, Maluku kaya akan ikan tuna," terangnya dalam Musyawarah Provinsi (MUSPROV) dan Business Gathering DPP APINDO Maluku, di Ambon, Sabtu (6/9/2014).

Secara lebih lanjut, Ilham menjelaskan Maluku memiliki isu strategis dalam pengembangan potensi unggulan daerah, yaitu:

1.             Maluku sebagai lumbung ikan nasional

2.             Maluku sebagai Provinsi rempah-rempah

3.             Pengembangan Pariwisata Bahari

4.             Pengembangan Pertambangan & Energi

5.             MP3EI 2011 - 2025

Dengan adanya beragam potensi dan komoditi unggulan yang dimiliki Maluku, maka diperlukan sinergi antara Dunia Usaha, Pemerintah, Serikat Pekerja dan para pemangku kepentingan dalam rangka mengembangkan perekonomian Provinsi Maluku. Internal APINDO Maluku harus semakin kuat oleh karenanya para pengusaha baik dari kelompok usaha yang sudah mapan (atas) maupun menengah (UKM) perlu bergabung dan membangun soliditas untuk menyuarakan kepentingan dunia usaha khususnya dan kesejahteraan masyarakat pada umumnya. Hal ini dilakukan untuk menciptakan kondisi yang menjamin berkembangnya arus perdagangan dan iklim investasi di Provinsi Maluku yang dapat memperkuat daya saing daerah.

DPP APINDO Maluku mengharapkan Pemerintah untuk senantiasa mengajak APINDO dalam berbagai perundingan baik masalah ketenagakerjaan maupun berbagai kebijakan yang menyangkut masalah investasi, perdagangan, pariwisata dan perekonomian lainnya.

Untuk mengetahui lebih lanjut pemaparan terkait Perwujudan Kemitraan Demi Terciptanya Iklim Investasi yang Kondusif di Maluku,  silahkan buka Powerpoint Kepala Bappeda Provinsi Maluku, Ilham Tauda di sini






Sabtu, 06 September 2014 |