Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Kurs Jual Beli
 
Home Berita & Artikel News PT PGN Janji Tingkatkan Pasokan Gas Industri
PT PGN Janji Tingkatkan Pasokan Gas Industri PDF Print E-mail
Written by www.lensaindonesia.com   
Monday, 18 February 2013 00:00

LENSAINDONESIA.COM: PT Perusahaan Gas Negara (PGN) bakal meningkatkan pasokan gas sesuai kebutuhan industri. Upaya tersebut seiring dengan rencana proyek pembangunan fasilitas Floating Storage Regasification Unit (FSRU) di perairan Lampung.

Corporate Secretary PT PGN Tbk, Heri Yusup mengatakan, FSRU adalah kapal untuk memproses liquefied natural gas atau akrab disapa LNG (gas bumi yang dicairkan).

“Fasilitas ini yang kedua, sebelumnya, kami juga mendirikan fasilitas FSRU di Teluk Jakarta pada tahun 2012 lalu kerja sama dengan Pertamina. Tapi, itu tujuannya untuk memasok pembangkit listrik di Jakarta dan Jawa Barat,’’ aku Heri, Kamis (14/02/2013).

FSRU Lampung, jelas Heri, adalah proyek murni PGN yang ditujukan untuk konsumen industri. Ia mengakui, sebagian besar produk PGN diserap oleh sektor industri.

Meski jumlah pelanggan di sektor industri hanya dua persen dari total 89 ribu pelanggan, namun, penyerapannya mencapai 98 persen dari gas bumi yang dipasok.

“Karena itulah, kami berharap fasilitas tersebut bisa menggenjot kinerja penjualan di sektor industri.

Saat ini, rata-rata pasokan kami adalah 800 mmcf (satuan gas dalam jutaan kaki kubik, Red) per hari. Di sisi lain, kebutuhan industri saat ini sudah mencapai 2 ribu mmcf. Pasokan sumur-sumur gas di jalur kami mulai tak bisa diutak-atik.

“Nah, dengan fasilitas tersebut kita bisa mengambil pasokan dari sumur yang sedikit jauh,” terangnya.

Dalam kesempatan ini, Heri menyebutkan, pemerintah sudah berjanji memasok LNG sebanyak 10 cargo untuk fasilitas industri pada 2015.

Setidaknya, pungkas Heri, pasokan tersebut bakal mengisi setengah dari kapasitas total FSRU Lampung sebesar 240 mmcf.

“Angka itu sangat pas bagi kami karena permintaan gas tak mungkin tumbuh pesat,” pungkasnya.

 
search canakkale vergi mevzuati bagimsiz denetim kanunlar web security engelliler teknoloji sgk bagimsiz denetim bagimsiz denetim sorgulama internet security mevzuat vergi ve sgk mevzuati