Program Perdagangan Internasional dan Investasi sebagai respon globalisasi ekonomi

APINDO, dalam hubungannya dengan ekonomi dan bisnis, turut berkontribusi dalam menghadapi globalisasi. Upaya ini diharapkan mampu memperluas kesempatan usaha dalam negeri yang berdaya saing.

Sebagai respon terhadap globalisasi ekonomi, Bidang Hubungan Internasional APINDO mengupayakan program Perdagangan Internasional dan Investasi. Untuk melihat pamflet, klik di sini Bidang ini secara aktif melakukan advokasi kebijakan internasional melalui Tim Negosisasi Perjanjian Perdagangan Bebas antar negara (Free Trade Agreement) atau bentuk lain seperti Perjanjian Kerjasama Ekonomi (Comprehensive Economic Partnership Agreement). Sesuai Keputusan Presiden No. 6 tahun 2013 tentang Pembentukan Tim Nasional untuk Perundingan Perdagangan Nasional, APINDO menjadi anggota Tim Nasional Perundingan Perdagangan Internasional (PPI).

Di tahun 2014, tim perdagangan internasional APINDO turut hadir dalam perundingan bilateral perdagangan internasional dan pertemuan untuk studi kesiapan perundingan perdagangan internasional. Pertemuan tersebut, antara lain:

1.   Perundingan Negosiasi Indonesia - Korea CEPA

2.   Peninjauan kembali Indonesia - Jepang Partnership Agreement (IJEPA), sektor Jasa

3.   Studi Kesiapan Perundingan Uni Eropa - Indonesia CEPA (Scoping EU - Indonesia CEPA)

4.   Negosiasi Kerja sama Perdagangan Bilateral (Working Group for Trade and Investment), Indonesia - Peru, Indonesia - Chile, Indonesia - Ekuador, Indonesia - Tunisia, Indonesia - Nigeria

5.   Trade Investment Frame Work Agreement - Trade Investment Council (TIFA TIC) Indonesia - US

Dengan adanya program Perdagangan Internasional dan Investasi, Bidang Hubungan Internasional APINDO memberikan kesempatan bagi para anggotanya untuk mengikuti kegiatan yang diharapkan mampu meningkatkan dan memperluas usaha. Kegiatan tersebut diantaranya dengan mengadakan:

1.       Business Matching dengan Partner Asing

Business Matching dengan Partner Asing dilakukan dengan mengadakan Courtesy Call antara perwakilan negara asing dengan APINDO.

2.       Promosi Produk dan Perdagangan di Luar Negeri

Informasi terkait promosi produk dan perdagangan di beberapa negara asing disebarkan kepada para anggota yang berminat untuk berpartisipasi.

3.       Konsultasi Hambatan Impor/Ekspor kepada Pemerintah

Melalui Program ACTIVE, APINDO mengadakan rangkaian FGD (Focus Group Discussion) sektoral yang bertujuan untuk mengumpulkan berbagai masukan langsung dari para pelaku sektor-sektor tertentu baik yang memiliki potensi ekspor ke Uni Eropa dan/atau diutamakan yang sudah melakukan ekspor produknya. Dengan FGD tersebut, para pelaku diharapkan mengetahui hambatan apa saja yang dihadapi ketika melakukan ekspor ke luar negeri, khususnya ke Uni Eropa terutama terkait standar dan regulasi. FGD difokuskan pada beberapa sektor, diantaranya Kelapa Sawit, Kayu, Tekstil, Persepatuan, Pertanian, Makanan, Jasa, dan lainnya.

Sepanjang tahun 2014, APINDO mengadakan sejumlah kegiatan dalam mempromosikan Investasi dan Perdagangan Internasional seperti US - Indonesia Investment Summit, EU - Indonesia Business Dialogue, serta kerjasama bilateral internasional dengan HIDA (Jepang), NHO (Norwegia), DECP (Belanda), dll.






Rabu, 25 Maret 2015 |