Mekanisme Arbitrase tingkatkan produktivitas bagi dunia usaha

Penyelesaian sengketa melalui mekanisme Arbitrase dinilai lebih efisien sehingga mampu meningkatkan produktivitas pelaku usaha.

Hal tersebut disampaikan Ketua Mahkamah Agung RI, Hatta Ali dalam Audiensi dengan sejumlah Pimpinan APINDO dan Pengurus Pusat Arbitrase dan Mediasi Indonesia (PAMI) di kantor Mahkamah Agung RI, Rabu (9/8/2017).

Hatta Ali menyambut menyambut positif inisiatif APINDO membentuk PAMI yang telah dikukuhkan dlm SK Menkumham. "Dengan mekanisme Arbitrase yang kredibel diharapkan meningkatkan produktivitas pelaku usaha mengingat proses arbitrase yang disepakati para pihak lebih cepat," ujar Hatta. Ia juga mengungkapkan bahwa APINDO telah melakukan langkah tepat dengan membentuk PAMI mengingat APINDO mewadahi Dunia Usaha.

Hatta juga mengharapkan agar PAMI melakukan sosialisasi intensif ke kalangan usaha untuk menggunakan arbitrase dalam penyelesaian sengketa bisnis dan para pihak dapat menghargai putusan arbitrase.

Dalam konteks mediasi, Peraturan Mahkamah Agung (PERMA) bahkan mengakomodir mekanisme melalui penggunaan IT sehingga bisa efisien untuk meminimalisir kesulitan para pihak yang tidak memungkinkan bertemu secara langsung.

Dalam Audiensi tersebut, Ketua Umum APINDO, Hariyadi B.Sukamdani mengharapkan Ketua Mahkamah Agung hadir dalam launching PAMI yang rencanaya digelar 28 September mendatang.

Audiensi dengan Ketua Mahkamah Agung RI dihadiri sejumlah Pimpinan APINDO dan Pengurus PAMI diantaranya Ketua Umum APINDO (Hariyadi B.Sukamdani), Anggota PAMI (Wahyuni Bahar), Anggota Dewan Kehormatan PAMI (Rehngena Purba), Ketua PAMI (Danang Girindrawardana), Wakil Ketua PAMI (Indra Savitri), Sekretaris PAMI (Agung Pambudhi) dan staf Sekretariat DPN APINDO (Adrinaldi).






Kamis, 10 Agustus 2017 |