Kementerian Perdagangan Gelar Peringatan Hari Konsumen Nasional (HARKONAS) 2020

Kementerian Perdagangan RI bekerja sama dengan Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) dan Pemerintah Daerah Provinsi JawaTimur menggelar Peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2020 pada Minggu - Senin, 29 - 30 Maret 2020 di Lapangan Kodam V Brawijaya, Surabaya. Rangkaian kegiatan ini diagendakan dihadiri oleh Bapak Presiden RI dengan 4.000 tamu undangan.

Dalam acara puncak pada 29 - 30 Maret 2020 tersebut, rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain: Konsumen Cerdas Fun Walk 5K, Pameran Edukasi Konsumen, Pemberian Penghargaan Pemerintah Daerah Terbaik Peduli Perlindungan Konsumen, Peluncuran Si PENA (Sistem Informasi Pengaduan Konsumen Nasional).

HARKONAS yang ditetapkan pada tanggal 20 April merupakan momentum peningkatan pemahaman hak dan kewajiban konsumen, peningkatan kecerdasan dan kemandirian konsumen serta nasionalisme tinggi dalam menggunakan produk dalam negeri.

Peringatan HARKONAS juga diharapkan mampu menempatkan konsumen sebagai subjek penentu kegiatan ekonomi serta konsumen cerdas yang cinta produk dalam negeri. Dengan demikian, pelaku usaha termotivasi untuk meningkatkan kualitas produk dan layanannya sehingga siap menjadi tuan rumah di negeri sendiri serta mampu bersaing di pasar global.






Jumat, 13 Maret 2020 |