GRI Latih Calon Instruktur Susun Laporan Berkelanjutan

APINDO sebagai implementing partner Global Reporting Initiative (GRI) melaksanakan program pelaporan dan keberlanjutan perusahaan, Corporate Sustainability Reporting for Competitive Business (CSRCB).

Program ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan  bagi para UKM (medium size) membuat laporan CSRCB dan memperoleh akses menuju Global Value Chain (GVC) sehingga mampu meningkatkan kinerja dan membuka kesempatan kerja lebih banyak. Sektor usaha yang akan dilibatkan untuk program CSRCB adalah industri pengolahan makanan (food & beverage), otomotif, tekstil, industri padat karya, ritel (modern & tradisional).

Training Instruktur GRI dilaksanakan pada tanggal 8 - 9 Agustus 2017 di The Park Lane Jakarta dengan diikuti 9 calon Instruktur APINDO, perwakilan dari Pengurus, Manajemen dan Perusahaan peserta IOE Workshop. Para calon instruktur ini nantinya diharapkan akan mampu mendampingi perusahaan - perusahaan yang menggunakan pelaporan GRI.

ToT ini merupakan salah satu dari rangkaian program kerjasama APINDO -GRI yang dilaksanakan melalui tiga tahapan, yaitu:

1.        Pembentukan Trainer APINDO melalui ToT yang telah dilakukan.

2.       Pelatihan kepada UKM binaan APINDO. Berdasarkan kesepakatan, tahun pertama direncanakan 75 perusahaan yang akan diberikan pelatihan. Untuk tahap pertama, direncanakan 25 perusahaan.

3.       Pendampingan kepada UKM yang diharapkan dapat membuat sendiri laporan keuangannya.

Program CSRCB terdiri dari tiga pilar:

Pilar I     : Mengembangkan kapasitas UKM untuk pelaporan berkelanjutan

Pilar II    : Menciptakan lingkungan pelaporan yang kondusif

Pilar III  : Membantu perkembangan permintaan untuk data yang berkelanjutan

Para Instruktur GRI akan memperoleh sertifikat kelulusan yang diakui secara internasional dalam hal membuat pelaporan yang berkelanjutan dan dapat digunakan apabila ada perusahaan membutuhkan secara berbayar.

GRI merupakan organisasi internasional independen yang membantu sektor usaha, pemerintah dan organisasi lain untuk memahami dan mengkomunikasikan dampak dari usahanya pada isu keberlanjutan. GRI menghasilkan standar untuk pelaporan keberlanjutan berkelas dunia yang dapat dipercaya dan banyak dipakai, yang memungkinkan organisasi untuk menilai dan memahami dampak yang paling penting pada lingkungan, masyarakat (sosial) dan ekonomi.






Rabu, 09 Agustus 2017 |