Gandeng 3 Perti di Kaltim, Siapkan LSP dan Magang Mahasiswa

APINDOKALTIM.COM -Tiga perguruan tinggi  (perti) terbesar di Kaltim sukses digandeng DPP Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kaltim, dalam upaya berkolaborasi membangun kualitas sumberdaya manusia (SDM) di daerah ini.

Ketiga perguruan tinggi ini, masing-masing Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda, Institut Teknologi Kalimantan (ITK) dan Universitas Balikpapan (UNIBA). 

Melibatkan lembaga perguruan tinggi dalam upaya menyiapkan kualitas sumberdaya manusia (SDM) anak-anak Kaltim dalam berkompetisi di dunia kerja, sejatinya menjadi salah satu prioritas program  DPP Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kaltim.

"Alhamdulillah, gerakan Apindo membangun kualitas SDM putra putri Kaltim khususnya di kalangan mahasiswa, mendapat respon positif dari pimpinan perguruan tinggi di Kaltim," kata Ketua DPP Apindo Kaltim M. Slamet Brotosiswoyo.

Selain didukung dengan ikatan nota kesepahaman atau Memorandum of Understandin (MoU), kerjasama dengan perti ini diwujudkan nyata dalam bentuk program pemagangan mahasiswa di perusahaan swasta, BUMN - BUMD, serta berdirinya lembaga sertifikasi profesi (LSP) Global Tekhnik Indonesia (GTI)-yang difasilitasi Apindo Kaltim.

Menurut Slamet Apindo mendukung penuh peningkatan kualitas SDM perguruan tinggi di Kaltim, khususnya bagi kalangan mahasiswa-agar memiliki skil dan kompetensi mumpuni untuk bersaing di pasar kerja-khususnya menyambut ibukota Negara (IKN) di Kaltim.

Sementara untuk program pemagangan mahasiswa, terang dia, Apindo dapat jadi jembatan program ini ke perusahaan swasta nasional, seperti ke KPC, Pertamina, Kideco, Pupuk Kaltim, Berau Coal dan lainnya," paparnya.

Upaya Apindo ini, juga mendapat dukungan penuh dari Pemprov Kaltim. Pasalnya, sejauh ini, Apindo Kaltim sudah ada MoU dengan Gubernur Kaltim, tentang peningkatan kualitas SDM dan sertifikasi pekerja. 

"Karena itu, program sertifikasi dan pemagangan mahasiswa di perusahaan swasta, BUMN - BUMD , sangat terbuka untuk dikaitkan dengan Mou Apindo - Gubernur Kaltim ini," ucap Slamet.

Apalagi, Gubernur Kaltim H. Israan Noor disebutnya juga mendukung penuh langkah Apindo Kaltim, memberdayakan alokasi dana corporate social responsibility (CSR) perusahaan swasta, BUMN dan BUMD di Kaltim, untuk peningkatan kualitas SDM anak-anak Kaltim. 

"Harapannya, sebagian dari dana CSR dapat diinvestasikan untuk peningkatan kualitas SDM, bukan hanya berbentuk fisik. Ini, jauh lebih berharga dalam mendorong peningkatan kualitas kompetensi anak-anak Kaltim," tutup pengusaha kelahiran Madiun dan owner PT. Prakarsa Bintang Jaya ini. (*).






Kamis, 30 Juli 2020 |