Bahas Pemagangan, APINDO ikuti Pertemuan di Gedung Putih

Indonesia yang diwakili oleh Ketua Umum APINDO, Hariyadi B. Sukamdani dan Direktur Eksekutif APINDO Agung Pambudhi mengikuti Annual Meeting of Board Member Global Apprenticeships Network (GAN) di White House, Amerika Serikat. Pertemuan tersebut diselenggarakan pada 6 Oktober waktu setempat dengan mengusung beberapa agenda kerja dan dipimpin oleh Chairman GAN, Alain Dehaze yang juga CEO Adecco Group. Dalam pembahasan rencana kerja GAN, diidentifikasi faktor-faktor penentu keberhasilan pemagangan

Agung yang juga Board Member GAN menyampaikan bahwa leadership pimpinan tertinggi dari pemerintah yaitu Presiden serta para CEO perusahaan sangat menentukan keberhasilan gerakan pemagangan. Lebih lanjut dikatakannya bahwa dukungan unsur serikat pekerja juga penting karena meskipun pemagangan merupakan relasi pencari ketrampilan dan pemberi ketrampilan dan bukan hubungan tenaga kerja dengan pemberi kerja namun karena beririsan dengan kebijakan ketenagakerjaan maka tidak dapat dihindari untuk mendapatkan dukungan serikat kerja. Alain Dehaze menambahkan faktor keberhasilan pemagangan yakni peran dunia pendidikan dimana  kurikulum dan tenaga pengajarnya harus memenuhi kualifikasi yang diperlukan dunia usaha.

Meeting 14 orang Board Member GAN tersebut diperluas dengan menghadirkan 7 orang distinguished guest termasuk diantaranya Menteri Tenaga Kerja Thomas Perez dan Ketua APINDO Hariyadi Sukamdani. Secara khusus para peserta memberikan sejumlah masukan kepada pemerintah Amerika untuk meningkatkan peran pemagangan dalam menyiapkan calon tenaga kerja trampil. Diantaranya upaya upaya untuk meyakinkan calon peserta magang dan orang-tuanya bahwa magang merupakan salah satu cara yang baik untuk pencapaian karir pekerjaan. Keberhasilan pemagangan dengan dual-system pendidikan di sekolah dan pelatihan kerja langsung di tempat kerja yang dilakukan Jerman serta praktek pemagangan yang sudah membudaya di Inggris menjadi salah saru referensi masukan ke pemerintah Amerika.

Pertemuan yang berlangsung setengah hari tersebut dilanjutkan dengan seminar tentang pemagangan di Hotel Hilton President Suites dengan menampilkan pembicara dari unsur pemerintah, pengusaha, pakar, lembaga-lembaga internasional dan peserta magang. Para pembicara diantaranya termasuk Director General ILO, Gay Ryder; Secretary General International Organization of Employers (IOE), Linda Kromjong; Direktur OECD Steffano Scarpeta; Executive Director GAN Shea Gopaul; Executive Director of the AFL - CIO Working for America Institute, Daan Marshaal. Para pembicara mengangkat hal-hal penting seperti: kiat-kiat transisi yang baik dari hasil dunia pendidikan ke dunia kerja, public-private partnership, dan capacity building. Kesaksian peserta magang dari Hilton dan Adecco Group memberikan gambaran konkrit tentang manfaat magang.

Menurut Hariyadi, pemagangan menjadi krusial dilaksanakan mengingat Indonesia saat ini hanya mampu menciptakan sekitar 1,3 juta lapangan kerja per tahun padahal dalam roadmap perekonomian APINDO, Indonesia perlu menciptakan lapangan kerja berkualitas setidaknya 3 juta per tahun. Dengan demikian, pemagangan diharapkan dapat dimanfaatkan para lulusan dunia pendidikan yang belum terserap industri untuk mendapatkan keterampilan yang langsung diinisiasi oleh masing-masing industri sehingga para lulusan tersebut nantinya memiliki keterampilan yang dibutuhkan dunia usaha. Oleh karenanya, APINDO mendukung gerakan pemagangan nasional yang diharapkan dapat dideklarasikan langsung oleh Presiden Joko Widodo sebagai komitmen Indonesia dalam mempersiapkan transisi dari dunia pendidikan ke dunia kerja.                                   




Bahas Pemagangan, APINDO ikuti Pertemuan di Gedung Putih



Jumat, 07 Oktober 2016 |