Audiensi Tim Free Trade Agreement KADIN-APINDO Bersama Wakil Presiden RI

Tim Free Trade Agreement KADIN-APINDO beraudiensi dengan Wakil Presiden RI, H.M Jusuf Kalla, Kamis (2/08/2018) di Istana Wakil Presiden RI.

Pada audiensi tersebut, Tim yang dipimpin oleh Shinta W. Kamdani, Wakil Ketua APINDO, menyampaikan berbagai masukan terkait proses perundingan perdagangan Indonesia.

Beberapa hal yang didiskusikan antara lain pentingnya pelibatan perwakilan dunia usaha dalam upaya pembentukan FTA Indonesia, masih adanya kesulitan dalam melakukan konsultasi posisi runding Indonesia antara pelaku usaha dengan para negosiator Indonesia dan pentingnya penyelesaian FTA Indonesia untuk meningkatkan daya saing produk ekspor Indonesia.

Tim secara khusus menyampaikan pentingnya perbaikan sistem konsultasi antara negosiator dengan pelaku usaha selama proses pembentukan FTA agar lebih transparan, konsisten dan kontinu. Hal ini dianggap penting untuk mencapai kesepakatan dagang yang benar-benar sesuai dengan kepentingan pelaku usaha Indonesia dan bukan hanya FTA yang "cepat selesai".

Pada kesempatan tersebut Tim FTA KADIN-APINDO juga menyampaikan berbagai publikasi dan masukan terkait berbagai perundingan, khususnya untuk perundingan Indonesia-Australia CEPA dan Indonesia-EU CEPA, serta buku Free Trade Agreement Guide yang disusun dan dipublikasikan oleh KADIN dan APINDO.






Senin, 06 Agustus 2018 |