Profil Singkat Proyek

‘ACTIVE' adalah singkatan dari ‘Advancing Indonesia's Civil Society in Trade and Investment'. Program ini didanai sebagian oleh Uni Eropa untuk mendukung aktivitas beberapa organisasi masyarakat sipil terpilih selama tiga tahun ke depan.

Program ini adalah bentuk kelanjutan Dialog Bisnis Uni Eropa dan Indonesia (EU-Indonesia Business Dialogue/EIBD) yang dimulai pada tahun 2009. EIBD adalah forum B2B yang mengidentifikasi potensi pertumbuhan yang belum tergali dalam perdagangan dan investasi antara kedua mitra. Forum ini menggali peluang-peluang bersama dan mengungkap berbagai hambatan dalam hubungan ekonomi kedua mitra.

Meskipun hubungan bisnis bilateral antara Indonesia dan Uni Eropa berkembang dengan baik, arti penting Eropa sebagai mitra dagang dan investasi Indonesia semakin menurun, begitu pula sebaliknya. Perusahaan-perusahaan di kedua pihak mengalami tantangan dalam akses pasar dan pemenuhan standar; ditambah pula dengan kurangnya kesadaran akan peluang-peluang yang bisa dimanfaatkan.