Aktivitas

ACTIVE Project mengadakan rangkaian aktivitas dalam upaya menguatkan peran organisasi masyarakat sipil dalam meningkatkan kesiapan Indonesia dalam negosiasi Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) serta meningkatkan pemahaman dunia usaha Indonesia tentang CEPA dalam strategi integrasi global.  Aktivitas tersebut, diantaranya:

  1. Business Community Meeting

APINDO bersama dengan Indonesian Netherlands Association (INA) dan EuroCham, melakukan kerjasama dengan melibatkan komunitas bisnis Indonesia dan Eropa, terutama dalam sektor swasta. Kerjasama ini dilaksanakan melalui dialog aktif dan diskusi terkait isu terkini tentang hubungan perekonomian antara Indonesia dan Uni Eropa, khususnya dalam menghadapi CEPA.

APINDO menyadari sektor swasta, baik nasional maupun internasional, memegang peranan penting dalam mempercepat ekspansi perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, pertemuan ini diharapkan mampu mengidentifikasi perdagangan dan investasi bagi Uni Eropa dan Indonesia yang potensial untuk dijajaki dan ditingkatkan secara maksimal.

Hasil dari pertemuan ini dapat dijadikan referensi dan diimplementasikan oleh kementerian terkait dalam penyusunan kebijakan. Pertemuan ini disadari menjadi momentum tepat untuk meningkatkan iklim dan keberlanjutan investasi dalam menghadapi MEA 2015, termasuk persiapan CEPA antara Indonesia dan Uni Eropa.

         2. FGD Series

Melalui salah satu aktivitasnya, ACTIVE Project mengadakan Focus Group Discussion (FGD). Rangkaian FGD tersebut meliputi beberapa sektor, sebagai berikut:

  • FGD I     : Sektor Kelapa Sawit, Produk Kayu/Kayu, Kertas dan Pulp
  • FGD II    : Sektor Tekstil, Produk Tekstil, dan Alas Kaki
  • FGD III  : Sektor Pertanian, Makanan dan Perikanan
  • FGD IV  : Public Procurement and Construction Services
  • FGD V   : Sektor Jasa

Untuk melihat aktivitas terbaru, silakan klik di sini