Rapat Kerja dan Konsultasi Nasional Ke-22 APINDO Tahun 2010



Pada tanggal 28 hingga 30 Mei 2010 sepekan lalu APINDO mengadakan RAKERKORNAS-nya ke-22 yang bertempat di Hotel Lumire, Jakarta. Acara yang dibuka oleh Menteri Tenaga Kerja & Transmigrasi RI - Muhaimin Iskandar tersebut dihadiri oleh 150 hadirin, terdiri dari perwakilan Serikat Pekerja/Buruh, Ketua Dewan Perwakilan Propinsi dari 30 propinsi beserta masing-masing peninjau, perwakilan International Labour Organization—Peter Van Rooij, Kemenakertrans selain Menteri ikut hadir adalah Myra M. Hanartani—Dirjen Pembinaan Hubungan Industri & Jaminan Sosial, Anggota Luar Biasa DPN APINDO, KADIN diwakili oleh Chris Kanter, dan para Pengurus serta Penasehat APINDO.

RAKERKORNAS menghasilkan beberapa kesimpulan bahwa perlu adanya langkah—langkah lanjutan APINDO yang mencakup 4 (empat) bidang yakni, Hubungan Industrial dan Advokasi, Organisasi dan Pemberdayaan Daerah, UKM Wanita Pekerja-Pengusaha Gender & Sosial, dan Strategi APINDO menyikapi penetapan Upah Minimum.

Bidang Hubungan Industrial dan Advokasi
Berkaitan dengan rencana revisi, harmonisasi dan sinkronisasi UU No. 13 Tahun 2003, beberapa pembahasan meliputi Pemutusan Hubungan Kerja yang terdiri dari 2 (dua masalah krusial yang harus segera direvisi) yaitu mekanisme PHK dan kompensasinya, mengenai Perjanjian Kerja Waktu Tertentu dan outsourcing.

Bidang Organisasi dan Pemberdayaan daerah
Rakerkornas berhasil menyepakati alat ukur kinerja dalam jajaran organisasi APINDO sebagai sarana evaluasi bagi keanggotaan, kepengurusan, kesekretariatan, pelayanan, dan penyusunan Annual Report, peningkatan kompetensi dan profesionalisme SDM Sekretariat tingkat Propinsi, dan APINDO menjadikan kegiatan-kegiatan Indonesia Jobs Pact sebagai momentum memperkuat peranan APINDO melalui lembaga Tripartit.

UKM, Wanita Pekerja-Pengusaha, Gender & Sosial
Perlu adanya tindak lanjut dari seluruh DPP APINDO untuk melakukan recruitment keanggotaan para Alumni Training UKM serta melibatkan mereka dalam kelembagaan HI didaerah masing-masing, strategi jangka panjang peran serta UKM dalam keanggotaan dan kegiatan APINDO, kerjasama APINDO dengan Bank Mayapada, dan Expo Shanghai 2010.

Strategi APINDO MEnyikapi Penetapan Upah Minimum
Rakerkornas juga berhasil menetapkan langkah-langkah antisipasi DPP/DPKab/DPKot dan DPN APINDO dalam menyikapi penetapan Upah Minimum.

photo gallery

Jumat, 11 Juni 2010 |