ATC


APINDO Training Center (ATC) terlahir dari semangat dan idealisme para tokoh DPN APINDO yang melihat pentingnya percepatan kompetensi dan kualitas SDM. ATC hadir dan menjadi "Center of Excellence for Human Capital Development in Indonesia" untuk menghasilkan SDM yang handal, produktif, dan kompetitif.

Pengembangan Kompetensi Pelaku Hubungan Industrial Terpadu ATC dirancang dengan akurat, cerdas, terdepan, dan berbasis Riset Terapan di Tempat Kerja. Hal ini dilakukan untuk turut membangun  kondisi Hubungan Industrial yang harmonis dan Iklim Investasi Nasional yang kondusif dan berkesinambungan.

Visi

Menjadi Center of Excellence Pengembangan Human Capital di Indonesia

Misi

  • Pengembangan kompetensi pelaku Hubungan Industrial di Indonesia
  • Melakukan riset terkait dengan permasalahan ketenagakerjaan di Indonesia
  • Memberikan pelayanan terbaik bagi pelaku Hubungan Industrial di Indonesia dalam peningkatan praktek-praktek pengembangan Human Capital di Indonesia

Aktivitas

A. Reguler Training

Beberapa kegiatan reguler yang dilaksanakan ATC, yaitu:

  • Industrial Relations Certification Program (IRCP)
  • Speak Up- ATC Forum

B. In-House Training

  • Pelatihan Hubungan Kerja dan Pengupahan: Pelatihan terkait Hubungan kerja dan Pengupahan yang diselenggarakan selama satu hari.

  • Industrial Relations Specialist Development Program (IRSDP): Program pelatihan Hubungan Industrial level Specialist.

  • Training LKS Bipartit: Program pembekalan framework kemitraan bagi seluruh pengurus Lembaga Kerjasama Bipartit.

  • IR Framework for Union: Program yang bertujuan untuk memberikan pembekalan dan pengayaan konsep kemitraan bagi pengurus serikat pekerjanya.

  • Industrial Relations Officer Development Program (IRODP): Program pelatihan Hubungan Industrial level officer dimana pesertanya diharapkan menjadi staf Hubungan Industrial yang memiliki kemampuan antisipasi di tingkat administratif.

  • IR Certification: Program sertifikasi di dunia Hubungan Internasional yang dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan perusahan menjadi taylor made dan dilaksanakan khusus bagi internal perusahaan.

C. IR Class

Selain program sertifikasi berbasis pengembangan kompetensi, program training yang bersifat pengembangan knowledge, serta talkshow yang memberikan perluasan wawasan dan update, juga diperlukan sebuah training yang bersifat singkat namun langsung ditargetkan mampu mengembangkan keterampilan khusus Hubungan Industrial. Oleh karenanya ATC menyelenggarakan program yang dinamakan IR Class.

IR Class merupakan sebuah training dengan durasi singkat dalam satu paket yang terdiri dari beberapa pertemuan. Training ini dikembangkan secara efektif dengan menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya. IR Class diselenggarakan sebanyak dua seri, bertema Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial bagi Pemula. Setiap seri terdiri dari empat kali pertemuan. Dua pertemuan pertama membahas teori Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial dan dua pertemuan selanjutnya membahas studi kasus.

D. Agenda besar Industrial Relations

Menyelenggarakan beberapa agenda, diantaranya Business Process Outsourcing Indonesian Convention dan Social Security and Minimum Wages Indonesian Convention.